6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Fibrosis Paru

Anda merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menderita Fibrosis Paru? Bingung cara mengatasinya? Ketahui 6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Fibrosis Paru Ini

Ketahui! Bahaya Penyakit Fibrosis Paru!


Fibrosis Paru merupakan munculnya jaringan parut pada paru-paru yang menyebabkan kerusakan dan terganggunya fungsi paru-paru. Kerusakan ini menyebabkan jaringan di sekitar kantung udara di dalam paru-paru (alveolus) menebal dan kaku sehingga sulit bagi oksigen untuk masuk ke dalam darah.

Seseorang yang menderita Fibrosis Paru akan mengalami kesulitan untuk bernapas diakibatkan kondisi yang terjadi pada paru-parunya tersebut. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai faktor akan tetapi penyebab yang sesungguhnya masih belum diketahui hingga kini sehingga penyakit ini biasa disebut dengan Fibrosis Paru Idiopatik.

Penyebab Fibrosis Paru

Dalam beberapa kasus, Fibrosis Paru tidak diketahui penyebabnya. Hal-hal yang bisa meningkatkan resiko Fibrosis Paru diantaranya yaitu:

  • Merokok
  • Infeksi Virus
  • Terpapar polusi dari lingkungan termasuk silika dan debu besi, bakteri, asap dan lain-lain
  • Penggunaan obat-obatan tertentu
  • Riwayat fibrosis paru dalam keluarga
  • Penyakit refluks asam lambung (maag atau GERD).

6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Fibrosis Paru

Banyak sekali cara untuk membantu mengobati Fibrosis Paru, salah satunya yaitu dengan mengetahui 6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Fibrosis Paru ini, makanan ini apabila anda konsumsi akan memperburuk kondisi fibrosis paru yang anda derita, diantaranya yaitu:

1. Mengonsumsi Daging Kambing

Terlepas dari kandungan lemak dan kolesterolnya yang tinggi, daging kambing mempunyai banyak orang yang sangat menyukainya. Apabila anda juga menggemari daging kambing, sebaiknya tahan dulu dan hindari makanan ini untuk sementara waktu. Khususnya untuk penderita fibrosis paru, hendaknya anda memerhatikan asupan makanan dengan baik dengan menghindari daging kambing.

Ada zat yang terkandung di dalam daging kambing dimana zat ini mampu berpengaruh terhadap sistem perdarah darah. Bahkan zat tersebut mampu mendukung pembentukan zat nitrosamin yang mampu menjadi penyebab peradangan paru-paru. Jika terus menerus mengonsumsinya fibrosis paru yang anda derita akan semakin menjadi semakin parah dan akan semakin sulit untuk disembuhkan, maka dari itu sebaiknya anda menghindarinya.

2. Mengonsumsi Ikan Asin

6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Fibrosis Paru yang selanjutnya adalah ikan asin yang begitu sederhana dan lezat ini. Ini karena ada zat nitrosamin yang juga ada di dalam ikan asin (tidak hanya ada pada daging kambing). Zat nitrosamin ini merupakan zat karsinogenik yang mampu menyebabkan peradangan di organ tubuh kita.

Perlu anda ketahui bahwa kandungan berbahaya yang ada pada ikan asin tidak hanya zat nitrosamin, akan tetapi ada juga kandungan zat-zat yang lain yang juga mampu membentuk virus Epstein-Barr serta mengembangkannya. Waspadailah zat-zat lain tersebut juga karena virus ini sangatlah membahayakan tubuh terutama paru. Karena virus tersebutlah, organ paru-paru bisa terkena peradangan dan jika sudha meradang maka akan memperparah kondisi fibrosis paru yang anda derita.

3. Mengonsumsi Alkohol

Alkohol sudah jelas termasuk makanan atau minuman yang cukup berbahaya bagi kesehatan. Untuk makanan dengan kandungan alkohol tinggi seperti tape, bila dikonsumsi berlebihan bisa menjadikan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan akhirnya berpenyakit jantung. Sedangkan minum alkohol sendiri tidak baik untuk kesehatan secara menyeluruh terutama sistem saraf.

Bahaya minuman keras bagi kesehatan tentu sudah diketahui oleh setiap orang, dimana ketika mengonsumsi alkohol berlebihan bisa berpengaruh juga terhadap kesehatan paru-paru. Selain mengakibatkan hipertensi, mengonsumsi alkohol juga bisa menyebabkan perkembangan lebih cepat akan zar nitrosamin di dalam tubuh penderita paru-paru. Maka dari itu alkohol dilarang dikonsumsi oleh penderita fibrosis paru.

4. Mengonsumsi Terasi Merah

Masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan terasi yang menjadi bahan konsumsi yang sudah sangat populer. Sering dijadikan sambal, memang ini merupakan pelengkap makanan yang sangat nikmat, terutama bagi pecinta sambal. Akan tetapi dibalik kelezatannya terasa merah juga perlu diwaspadai oleh penderita fibrosis paru.

Didalam terasi merah da kandungan rhodamin B yang merupakan sebuah zat penyebab iritasi dibagian sistem pernapasan. Saat mengonsumsi terasi merah berebihan, otomatis ini akan mengakumulasi Rhodamin B yang padahal zat ini bersifat karsinogenik. Jika konsumsi dalam jangka waktu yang lama, maka fibrosis paru yang anda derita akan menjadi bertambah parah.

5. Mengonsumsi Acar

Anda pasti sudah tahu mengapa makanan ini harus dimasukkan ke dalam pantangan makanan yang harus dihindari oleh penderita fibrosis paru. Acar merupakan makanan yang sudah melalui proses pengolahan dengan penambahan natrium yang tidaklah sedikit.

Yang perlu diingat dan diperhatikan oleh penderita fibrosis paru yaitu bahwa asupan natrium sangat penting untuk dibatasi. Apabila anda merupakan seorang penggemar acar, konsumsi acar sebetulnya boleh-boleh saja, akan tetapi dilarang terlalu berlebihan dan perlu pembatasan secara ketat. Bahkan ketika membuat acar sendiri, disarankan agar cukup 850 mg natrium yang terkandung pada 1-2 ons acar.

6. Mengonsumsi Makanan Yang Manis

Makanan manis rupanya cukup berbahaya untuk penderita paru-paru, khususnya penderita fibrosis paru. Untuk orang yang bermasalah dengan paru-parunya, makanan manis atau bergula tinggi khsususnya dengan gula halus adalah yang juga dilarang untuk dikonsumsi penderita fibrosis paru. Makanan dari gula olahan maupun yang mengg7unakan gula halus contoh diantaranya yaitu:

  • Sereal
  • Puding
  • Kue
  • Gula Putih
  • Roti Putih.

Baca Juga : Obat Herbal Fibrosis Paru

Rekomendasi Pengobatan Penyakit Fibrosis Paru Secara Herbal


Ingin Mencegah dan Mengobati Fibrosis Paru Aman Dan Tidak Menimbulkan Efek Samping? Obat Herbal Fibrosis Paru Ini Solusi Terbaiknya~!


Selain dengan mengetahui 6 Makanan Yang Harus Dihindari Penderita Fibrosis Paru, pengobatan Fibrosis Paru yang terakhir adalah dengan mencoba menggunakan obat herbal. Mengapa harus menggunakan produk herbal? Karena produk herbal terbuat dari bahan-bahan alami tanpa adanya bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping. Kami sangat merekomendasikan untuk menggunakan Obat Herbal Fibrosis Paru yang sudah sangat terbukti sangat efektif dan manjur untuk mencegah dan mengobati Fibrosis Paru secara ALAMI, AMAN, CEPAT dan TANPA EFEK SAMPING dengan HARGA yang sangat TERJANGKAU. Menggunakan Obat Herbal Fibrosis Paru merupakan solusi yang sangat tepat. Obat Herbal ini sudah sangat terpercaya dan terjamin khasiatnya. Tidak hanya itu Obat Herbal Fibrosis Paru ini juga terbuat dari bahan-bahan yang 100% alami pilihan dan tidak menggunakan bahan kimia sedikitpun sehingga akan sangat aman untuk dikonsumsi semua kalangan usia dari anak-anak hingga lanjut usia.

Untuk Mendapatkan Informasi Lengkap Mengenai Obat Herbal Fibrosis Paru Klik Disini ↓↓

Atau Pesan Langsung Obat Herbal Fibrosis Paru

Layanan Konsultasi dan Pemesanan Buka 24 Jam
Best Regards, Gamat Emas Original

Ilham Nur Rizki Muharram
Hotline : 081320494019(Telp/SMS/WA)- 5D55CD3A (BBM)
Jl. Noenoeng Tisna Saputra, Kota Tasikmalaya, 46115 Indonesia.
www.gamatemasoriginal.comObat Herbal Fibrosis Paru

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Don\'t Copy Paste!!